WELCOME TO JAFOC JABAR FORTUNER OWNER COMMUNITY                www.toyotafortunercommunity.com               www.toyotafortunerclub.com               TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA              
jquery image gallery by WOWSlider.com v7.8

jquery image gallery by WOWSlider.com v7.8

Toyota Fortuner & Tips Merawat Toyota Fortuner

Toyota Fortuner & Tips Merawat Toyota Fortuner

Toyota Fortuner di dalam pemakaiannya harus memerlukan perawatan agar Toyota Fortuner anda selalu siap di segala medan. Jafoc Jabar Toyota Fortuner Owner Community pada kesempatan ini akan memberikan postingan cukup unik untuk bagaimana cara merawat Toyota Fortuner ini. Silahkan anda baca beberapa artikel kami di bawah ini.

Cara Merawat Toyota Fortuner Anda by JAFOC

Penyempurnaan yang dilakukan pada mesin diesel masa kini seperti reduksi getaran, suara mesin dan emisi gas buang, serta penggunaan teknologi canggih seperti Common Rail Direct Injection atau Turborcharger yang dapat menghasilkan tenaga optimal dengan torsi puncak yang bisa didapat pada rpm rendah, membuat kendaraan bermesin diesel menjadi pilihan yang semakin populer. Masih banyak kalangan yang menilai bahwa biaya perbaikan mesin diesel lebih mahal dibandingkan dengan mesin non-diesel. Sebenarnya hal tersebut dapat dihindari dengan melakukan perawatan yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa tips merawat kendaraan bermesin diesel untuk menjaga efisiensi dan performanya dalam jangka waktu yang lama :

  • Langkah awal yang dilakukan sebelum melakukan aktivitas berkendara setiap harinya adalah proses pemanasan mesin. Seperti mesin kendaraan lain pada umumnya, mesin diesel perlu dipanaskan. Selain bertujuan untuk mencapai temperatur kerja mesin yang optimal, proses ini juga ditujukan untuk melindungi komponen mesin yang bergesekan dengan terjadinya pelumasan secara merata.
  • Sebagai konsumsi utama mesin diesel, gunakan solar yang berkualitas baik dengan kadar sulfur yang rendah, terutama pada mesin diesel yang mengadopsi teknologi Common Rail Direct Injection. Penggunaan solar dengan kadar sulfur yang terlalu tinggi dapat menyebabkan pemampatan pada saluran valve Common Rail, yang mengakibatkan matinya mesin secara seketika atau tersendat-sendat sehingga sulit dihidupkan.
  • Sebagai paru-paru dari mesin kendaraan, saringan udara perlu dibersihkan dan diganti secara teratur. Jika dibiarkan kotor maka debu yang masuk kedalam ruang pembakaran mesin akan mempercepat keausan komponen yang bergesekan.
  • Setelah dua kali mengganti oli secara rutin atau setelah 10.000 km, sangat disurankan untuk juga mengganti saringan oli. Sesuai dengan namanya, saringan oli berfungsi menyaring kotoran pada pelumas yang akan berakibat fatal pada mesin jika terlalu sering terlambat dalam proses penggantiannya.
  • Bagi mesin diesel yang menggunakan sistem Turborcharger, disarankan untuk menunggu sekitar 3 menit sebelum mematikannya agar usia komponen tersebut lebih panjang. Untuk itu hindari mematikan mesin secara instant.
  • Untuk meminimalisir masuknya kotoran ke dalam mesin, mengganti saringan solar perlu dilakukan setiap 15.000 km. Sama halnya dengan saringan udara, jika saringan solar tersumbat akibat menumpuknya kotoran, maka performa yang dihasilkan mesin tersebut akan menurun karena jumlah aliran solar yang dibutuhkan tidak terpenuhi.
  • Perlu diingat adalah untuk tidak membiarkan tangki solar dalam keadaan hampir kosong. Sangat disarankan untuk mengisi tangki kembali saat solar yang tersisa hanya 1/3 dari total kapasitasnya.

 

 

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Comment

 

— required *

— required *

Protected by WP Anti Spam
Visit Us On TwitterVisit Us On Google PlusVisit Us On PinterestVisit Us On YoutubeVisit Us On LinkedinCheck Our Feed